Jumat, 18 September 2015

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Hidroponik

Pupuk hidroponik di pasaran rata rata harganya lumayan mahal, hal ini lah yang mengakibatkan kebanyakan orang kalangan menengah kebawah tidak mau atau enggan untuk melakukan budidaya tanaman dengan teknik hidroponik. Bagaimana untuk menekan harga pupuk hidroponik tersebut? agar kita tetap bisa melakukan budidaya hidroponik tanpa mengeluarkan biaya yang tinggi.

ada beberapa bahan organik yang bisa digunakan sebagai sumber nutrisi tanaman dalam media hidroponik, diantaranya adalah kotoran sapi baik padat maupun cair. Dalam kotoran sapi banyak terkandung bahan organik dan unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhannya. Selain itu juga terdapat hormon IAA atau auxin yang bisa membantu pertumbuhan tanaman.

Adapun cara untuk membuat Pupuk organik cair adalah dengan cara di fermentasi:
1. Fermentasi Urine sapi
Urine sapi difermentasikan dengan cara 10 liter urine sapi dicampur tetes tebu 250 ml dan bakteri EM4 250 ml, kemudian diaduk hingga homogen dan ditutup rapat, lalu dibiarkan selama ± 15 hari.

2. Fermentasi Feses sapi
Fermentasi kotoran padat sapi dilakukan dengan mencampur 5 liter air bersih ditambah 125 ml EM4 dan 125 ml tetes tebu kemudian diaduk, dan setelah itu dimasukkan kotoran sapi sebanyak 5 kg, diaduk hingga rata, kemudian ditutup dan didiamkan selama ± 15 hari, Selama masa inkubasi, gas metan dalam wadah dikeluarkan melalui pipa plastik. Setelah 15 hari hasil fermentasi tersebut disaring, dipisahkan antara hasil padat dan yang cair

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih